Cara Ampuh Mengatasi Serangga Tomcat

Advertisement

Serangga Tomcat adalah merupakan kelompok utama dari hewan beruas yang termasuk kedalam salah satu keluarga besar kumbang. Serangga tomcat mempunyai ukuran berkisar antara 1 hingga 35 mm (1,5 inci), bentuk kepala bulat berwarna hitam, bagian dada berwarna orange dan sayap kebiru-biruan.

Binatang tomcat biasanya selalu terlihat merangkak disekelilingnya dengan menyembunyikan sayapnya, sekilas hewan ini mirip sama semut cuman mungkin ukurannya lebih besar. Apabila hewan ini merasa terancam nyawanya maka akan seketika menaikkan bagian abdomennya agar kelihatan seperti kalajengking untuk menakut-nakuti musuh yang ada disekitarnya.

Serangan wabah binatang serangga tomcat telah meluas ke berbagai pelosok di Indonesia, diantaranya di wilayah Surabaya, Jakarta, Bandung, Kalimantan Timur, Tasikmalaya (Kampung Tanjung, Kecamatan Kawalu, Tepatnya dekat daerah admin SakeeNa.net, dsb.

gambar serangga tomcat

Binatang tomcat sebenarnya tidak menggigit dan tidak mengandung racun berlebih seperti halnya banyak diberitakan di media masa, yang katanya 12 kali lebih bahaya dari ular berbisa. Tomcat hanya mengeluarkan cairan beracun apabila hinggap dikulit kita dan kita berusaha membunuh serangga tersebut maka keluarlah cairan tersebut.

Jadi bagi kalian yang terkena hinggapan tomcat jangan coba-coba untuk menepuk hewan tersebut, karena dengan menghancurkannya pada badan atau menggosoknya dengan jari atau dibunuh seperti mematikan nyamuk akan menyebabkan penyakit kulit.

Cara Ampuh Mengatasi Serangan Serangga Tomcat

Pencegahan agar tidak terkena racun tomcat yaitu dengan cara jangan menggosok atau mematikan serangga tomcat yang hinggap dikulit kita dan jangan sampai cairan dalam tubuhnya keluar, sebaiknya kita meniup atau membuang perlahan-lahan serangga tersebut. Tutup rapat jendela jangan sampai serangga bisa masuk kedalam rumah, hindarkan anak-anak anda dari tanaman-tanaman yang sudah tidak terawat karena tanaman tersebut mungkin saja akan menjadi sarang tomcat.

Pengobatan ampuh untuh menghilangkan bekas luka akibat racun tomcat adalah dengan cara menggosok dengan sabun sampai bersih, hindari menggaruk-garuk bagian yang terkena cairan tersebut karena akan menjalar ke bagian tubuh yang lain. Jangan memberikan pasta gigi, balsem, kayu putih atau obat lainnya, sebaiknya segeralah datang ke dokter terdekat agar secepatnya akan diberi resep obat yang sesuai dengan kebutuhan si pasien.